Tiongkok Bangun Pusat Kecerdasan Buatan Internasional

Tiongkok Bangun Pusat Kecerdasan Buatan Internasional

Tiongkok Bangun Pusat Kecerdasan Buatan Internasional

Tiongkok tampaknya tak pernah mau tertinggal dalam hal inovasi. Setelah sebelumnya menggalakkan penggunaan pembayaran melalui telepon pintar, sekarang Tiongkok mulai berpacu dengan membangun pusat kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) bertaraf internasional.

Dilansir dari TechNode, Rabu (14/2/2018), pusat penelitian kecerdasan buatan internasional tersebut telah diluncurkan di kota Beijing.

BACA JUGA : Belum Rilis, Operator Sudah Pajang Samsung Galaxy S9

Pusat ini dipimpin oleh Kai-Fu Lee yang merupakan CEO Sinovastion Ventures. Kai-Fu Lee adalah seorang pemodal ventura di bidang teknologi dan juga ilmuwan komputer.

Otoritas kota Beijing akan membentuk tiga pusat inovasi yang berfokus pada penelitian dasar kecerdasan buatan, inovasi kemasyarakatan pintar, dan inovasi paten kercerdasan buatan.

Tiga perusahaan teknologi ternama asal Tiongkok seperti Face++, SenseTime, dan Ksyun juga akan ikut berkolaborasi untuk mendirikan komputasi kecerdasan buatan dan platform aplikasi data.

Kai-Fu Lee menekankan, pusat kecerdasan buatan tersebut dibangun untuk terus menjalin kerja sama antara industri dan para akademia dalam mengembangkan kecerdasan buatan.

Sebagai langkah nyata, Tiongkok juga terus menggeber industri teknologi dengan kecerdasan buatan. Tercatat, hingga September 2017, sudah ada hampir 400 perusahaan kecerdasan buatan yang bermarkas di Beijing.