Sedang Asyik Berenang, Pria Ini Tiba-tiba Digigit Hiu Putih

x1

Berhati-hatilah jika sedang berenang di laut lepas, sebab tak ada yang menduga indahnya laut menyimpan makhluk laut berbahaya. Seperti di bagian barat daya California, yang dihuni salah satu makhluk laut buas yakni hiu putih.

Seorang perenang bernama Steven Robles pun menjadi korban keganasan hewan laut itu. Padahal ia kerap datang ke pantai tersebut, dan tak pernah melihat keberadaan mamalia karnivora itu.

“Semua terjadi dalam waktu dua detik, aku melihat hiu itu muncul ke permukaan dan berenang ke arahku. Kemudian menggigit tepat di bagian samping dada,” ungkap Robles seperti dikutip dari KABC-TV seperti dimuat News York Post, Senin (7/7/2014).

Peristiwa nahas yang terjadi pada Sabtu 5 Juli 2014, bermula saat Robles melakukan kegiatan rutinnya dengan para perenang amatir, berenang dari Pantai Hermosa utara ke Pantai Manhattan. Setelah sebelumnya, sukses berenang terjauh sekitar 20 km dari Pulau Santa Catalina menuju Semenanjung Rancho Palos Verdes, dalam rangka mengumpulkan dana untuk sebuah sekolah di Nikaragua.

Ketika baru beberapa jam berenang, tiba-tiba ia mendapati serangan dari hiu putih itu.

Panik digigit, Robles mencoba untuk membuka dan melepas mulut si hiu. Tetapi tiba-tiba hewan itu menghilang.

“Kami telah berenang selama 2 mil jauhnya dari pantai ketika serangan terjadi sekitar pukul 09.30. Robles berteriak kesakitan sambil mengatakan ‘Aku digigit’. Lalu aku melihat darah di tubuhnya,” imbuh Nejadhashemi.

Nejadhashemi mengaku tidak melihat hiu, padahal jarak antara mereka hanya 1,5 meter. Ia pun langsung menghampiri Robles, dan melihat seluruh bagian tubuh yang digit predator laut itu masih utuh. Hanya terdapat luka di bagian dada.

Beberapa peselancar kemudian membantu membawa Robles ke pantai.

“Aku masih tak percaya bagaimana aku dan teman-teman hanya membawanya di sebuah papan selancar, tapi kami berhasil melakukannya,” ujar salah satu peselancar.

Setelah tiba di pantai, Robles segera dibawa ke pusat penyelamatan pantai terdekat untuk diobati oleh paramedis. Ia lalu dirujuk ke rumah sakit. Sehari kemudian pada Minggu 6 Juli, Robles diperbolehkan pulang.

Menurut keterangan pihak berwenang, hiu itu sempat terlihat lagi usai menggigit Robles.

“Hiu itu masih berkeliaran sekitar 20 menit di sekitar perairan, dan kemudian menghilang ke dalam air keruh,” kata juru bicara Los Angeles County Fire Department, Rick Flores.

Setelah insiden nahas yang menimpa Robles, pantai itu tetap dibuka, satu mil dari bibir pantai tak diperbolehkan berenang. Polisi juga melarang para nelayan yang ingin menangkap hiu dari dermaga sampai Selasa 8 Juli. Mereka juga diberitahu bahwa hiu putih tak boleh diburu.

Penampakan Hiu dilaporkan sedang meningkat di beberapa pantai wilayah selatan California, terutama di perairan Manhattan, yang merupakan tempat populer bagi para peselancar dan orang-orang yang berlibur.

Departemen Fish and Wildlife dari negara bagian AS itu menuturkan, serangan hiu sudah terjadi sejak tahun 1950. Hingga saat ini sudah terjadi 101 serangan hiu putih besar pada manusia di sekitar California. 13 Dari serangan tersebut mengakibatkan kematian.