Recall Airbag Honda Jazz, Perbaikannya Cuma 1-2 Jam

Recall Airbag Honda Jazz, Perbaikannya Cuma 1-2 Jam

Masalah keamanan saat berkendara adalah bagian terpenting. Berbagai fitur keselamatan diaplikasikan pada kendaraan demi meminimalisir dampak dari kecelakaan.

Salah satu fitur keselamatan yang sangat penting adalah airbag. Airbag merupakan fitur keselamatan saat terjadi kecelakaan selain seatbelt atau sabuk pengaman. Airbag bekerja ketika mobil mendeteksi benturan yang keras. Sensor mobil akan mengirimkan sinyal untuk mengembangkan airbag.Wilayah yang akan terlindungi saat airbag mengembang adalah bagian vital seperti kepala, leher, dan dada. Kehadiran airbag bertujuan mengurangi luka atau cedera serius jika seatbelt tak mampu menahan impak dari sebuah tabrakan.

Honda Jazz produksi tahun 2014-2016 pernah mengalami masalah pada sistem keselamatan ini. “Beberapa tahun lalu memang ada, kalau Honda menyebutnya bukan recall tapi Product Update (PUD) tapi sekarang tampaknya sudah semakin sedikit karena sudah di-PUD semua dan diperbaiki,” ujar Wakil Kepala Bengkel Honda Tendean, Maryoni.
Maryoni menjelaskan masalah airbag pada Honda Jazz tersebut adalah besarnya tenaga atau tekanan yang timbul saat airbag mengembang sehingga akan memberikan impact yang buruk kepada penumpang dan pengemudi.

“Meskipun belum ada kasus yang terjadi tapi Honda sudah meneliti dan memprediksikan kemungkinan tersebut terjadi. Oleh karena itu dilakukan recall,” tambah Maryono.

Pada saat PUD Honda Jazz produksi tahun 2014-2016, Maryono mengatakan setiap harinya di bengkel Honda Tendean melayani 3 unit. “Untuk PUD aribag Honda Jazz akan ada kesepakatan waktu kapan dikerjakannya,” ujar Maryono. Proses penggantian atau perbaikan Airbag memakan waktu 1 sampai 2 jam.