PKS: TGB Berhak Punya Kenyamanan Personal

PKS: TGB Berhak Punya Kenyamanan Personal

Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade sempat mempertanyakan kebenaran isi Wikipedia yang menyebut TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) punya hubungan ipar dengan Luhut Binsar Pandjaitan. PKS meminta ranah pribadi seseorang, termasuk TGB, tak diseret-seret.

“Hubungan pribadi sebaiknya tidak perlu diumbar untuk konsumsi publik. Tiap orang berhak punya kenyamanan personal,” tegas Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Sabtu (14/7/2018).
Mardani meminta semua pihak rasional dalam politik. Mardani menyebut dukungan TGB ke Joko Widodo tak mesti dikaitkan dengan isu hubungan kekeluargaan.

“Tiap orang punya kebebasan memilih sikap politiknya tanpa perlu dikaitkan dengan hubungan kekeluargaan,” ucap Mardani.Untuk diketahui, Andre mengutip Wikipedia lalu berbicara dugaan hubungan kekerabatan TGB-Luhut. Wikipedia sempat menampilkan informasi kalau TGB dan Luhut memiliki hubungan ipar. Andre memang meminta klarifikasi dari TGB atau pun Luhut. Di sisi lain, Andre menyadari penuh kalau Wikipedia bisa disunting pengguna.

“Ini jadi masukan Wikipedia agar ke depan berhati-hati untuk menyuguhkan informasi, khususnya bagi tokoh publik yang dikenal luas,” kata Andre yang merupakan anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra kepada wartawan, Jumat (13/7).

Melalui akun Twitter, pihak Wikipedia berbahasa Indonesia telah mengklarifikasi informasi di laman Wikipedia yang menyebut Luhut adalah ipar dari TGB. Informasi itu sebelumnya dikutip oleh Andre sebagai dasar dugaan dukungan TGB ke Jokowi berlandaskan alasan kekeluargaan.Kini suntingan tersebut sudah dikembalikan seperti sediakala. Tak ada keterangan bahwa TGB dan Luhut merupakan saudara ipar. Alasannya adalah karena tak ada rujukan resmi dari informasi yang menyatakan TGB dan Luhut memiliki hubungan kekerabatan.

TGB sendiri telah angkat suara soal konten Wikipedia itu. TGB menegaskan istrinya tak memiliki hubungan saudara dengan Luhut.

“Istri saya memang bermarga Panjaitan, kadang ditanyain juga ada hubungan saudara nggak sama Pak Trimedya Panjaitan kali yang lain sama Panbers yang grup musik itu. Sekarang dengan Pak Luhut. He…he…he…. Intinya info itu tidak benar,” ujar TGB.