Pekerja Pabrik iPhone Kembali Bunuh Diri

Pekerja Pabrik iPhone Kembali Bunuh Diri

Pekerja Pabrik iPhone Kembali Bunuh Diri

Seorang pekerja mitra manufaktur iPhone, Foxconn, meninggal dunia setelah melompat dari sebuah gedung pada Sabtu (6/1/2018). Hal ini semakin memperpanjang daftar pekerja Foxconn yang bunuh diri selama beberapa tahun belakangan.

Berdasarkan keterangan organisasi pekerja Tiongkok, China Labor Watch (CLW), pekerja pabrik Foxconn bernama Li Ming (31) melompat dari sebuah gedung di kota Zhengzhou, Provinsi Henan, Tiongkok. Lokasi tersebut merupakan tempat kerjanya di Foxconn dan sekaligus area produksi iPhoneX.

BACA JUGA : Layar iPhone X Lebih Awet Dibanding Galaxy Note 8

Menurut laporan media Tiongkok, setengah dari iPhone diproduksi di Zhengzhou. Sekira 350 pekerja dilaporkan bekerja di lini produksi di kota tersebut untuk memproduksi iPhone di level 350 unit per menit.

Aksi bunuh diri ini kembali memunculkan kekhawatiran soal kondisi kerja di pabrik-pabrik Foxconn. Sudah menjadi rahasia umum, tidak sedikit pekerja perusahaan asal Taiwan tersebut bunuh diri diduga lantaran kondisi lingkungan kerja yang tidak baik.

CLW mengunggah sebuah cuplikan video menampilkan Li, yang diklaim bekerja di Foxconn melalui bantuan agensi, terbaring tak bernyawa setelah melompat dari gedung.

Organisasi tersebut mengatakan, Li sudah bekerja untuk Foxconn selama dua bulan dan tinggal di asmara pabrik Foxconn. CLW telah berbicara dengan ayah Li, tapi sampai sekarang belum diketahui dengan pasti alasan bunuh dirinya.

Juru bicara Foxconn belum memberikan komentar terkait insiden bunuh diri tersebut.