Mobil SUV China Wuling Hongguang S3 Akan Masuk Indonesia?

Mobil SUV China Wuling Hongguang S3 Akan Masuk Indonesia?

Mobil SUV China Wuling Hongguang S3 Akan Masuk Indonesia?

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa produsen mobil China, SGWM Motor Indonesia (Wuling Motors), akan meresmikan pabriknya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pada Juli 2017.

Di pabrik tersebut, Wuling akan memproduksi kendaraan low multi purpose vehicle (MPV) yang di China diberi nama Hongguang. Airlangga juga mengungkapkan bahwa tahun ini Wuling tidak hanya akan membuat kendaraan low MPV, namun juga sport utility vehicle (SUV). Namun jika produksinya baru akan dimulai pada akhir tahun.

Sayangnya, pihak SGMW Motor Indonesia masih enggan membuka informasi mengenai produk SUV tersebut.

“Untuk saat ini, kami masih berfokus pada peluncuran LMPV kami di pertengahan tahun kedua 2017. Kami menyadari bahwa SUV semakin populer dan diinginkan masyarakat, namun kami belum bisa mengonfirmasi hal tersebut di tahap ini,” kata Dian Asmahani, brand manager PT SGMW Motor Indonesia, saat dikonfirmasi Artikelmajalah.com.

Di negara asalnya, SAIC-GM-Wuling baru meluncurkan SUV 7-seater pertamanya yang diberi nama Hongguang S3.Peluncuran dilakukan di ajang Shanghai Auto Show pada April 2017. Mobil ini dibangun menggunakan platform yang sama dengan versi MPV Hongguang.

Dimensinya, panjang 4.654 milimeter, lebar 1.731 mm, dan tinggi 1.777 mm. Panjang wheelbase-nya 2.800 mm. Hongguang S3 akan dipasarkan dalam dua pilihan mesin yakni 1.50 cc naturally aspirated dan 1.500 cc turbocharged.

Di pasar Indonesia, SUV 7-seater Wuling bakal bersaing di antaranya dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios.