Mobil Masa Depan Akan Dilengkapi Sensor Sidik Jari

Mobil Masa Depan Akan Dilengkapi Sensor Sidik Jari

z

Mobil keyless atau tanpa anak kunci merupakan teknologi yang umum. Namun, sistem ini dinilai masih bisa diretas oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Berbagai perusahaan terkait mobil, mulai pabrikan sampai asuransi, menyadari kelemahan tersebut. Scanner sidik jari bisa menjadi solusi untuk membuat mobil menjadi lebih aman.

Sebelumnya, teknologi ini telah diterapkan pada berbagai smartphone, mulai dari kelas menengah sampai high-end. Tak hanya itu, kabarnya, di masa depan, mobil juga akan dilengkapi dengan teknologi pengenal wajah (facial-recognition) dan pemindai retina.

Menurut sumber yang sama, teknologi tersebut saat ini tengah dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat bernama Synaptics. Bahkan, mereka tak hanya berencana menerapkan berbagai sensor tersebut untuk membuka mobil saja, tapi juga menghidupkan mesinnya.

Dengan sensor sidik jari, mobil bisa diaktifkan tanpa menggunakan kunci atau pun alat sama sekali. Godfrey Cheng, corporate vide president Synaptics, juga mengatakan bahwa pihaknya akan menyematkan perangkat keamanan lainnya.

Bentley menghadirkan fitur terbarunya yang disematkan pada unit penyimpanan barang di Bentley Bentayga. Fitur tersebut merupakan teknologi pengenalan sidik jari yang dikembangkan oleh divisi Mulliner Bentley.

“Unit penyimpanan Bentley Biometric Mulliner tersembunyi dari pandangan luar. Kami menggabungkan teknologi sensor sidik jari kapasitif yang cukup familiar dari ponsel,” kata Uday Senapati, Kepala Operasi Teknis Divisi Mulliner, berdasarkan keterangan tertulisnya.

Ruang penyimpanan pada konsol tengah di kabin Bentayga tersebut dibuat tidak mencolok sehingga sangat ideal untuk menyimpan barang-barang berharga dan membuat rasa aman bagi pemiliknya.

Teknologi sensor sidik jari diaplikasikan pada die-cast aluminium unit penyimpanan yang terletak di kabin kendaraan.

Dengan 2 port USB serta soket tambahan, unit ini dapat juga digunakan untuk menyambungkan dan mengisi daya baterai handphone baik di dalam maupun di luar unit loker. Ini memungkinkan para pemilik Bentley Bentayga untuk dapat mengakses secara leluasa teknologi infotainment, termasuk Apple CarPlay.