Menyambut Tahun Baru di Tanah Tertinggi

Menyambut Tahun Baru di Tanah Tertinggi

Menyambut Tahun Baru di Tanah Tertinggi

Ada banyak cara merayakan pergantian tahun. Sebagian orang melakukannya bersama keluarga dan teman-teman di rumah atau di keramaian. Namun, ada sebagian lagi yang memilih menyambut tahun baru di ketinggian. Mendaki gunung.

Ada banyak alasan untuk bersusah-payah naik gunung di pergantian tahun. Salah satunya bisa jadi agar menjadi yang pertama melihat matahari di tahun baru.

Bagi mereka yang ingin menikmati matahari awal tahun di puncak gunung, sebaiknya mengecek ulang, apakah gunung yang akan didaki dibuka untuk umum. Gunung Semeru misalnya, mulai 1 Januari 2018 ditutup untuk pendakian karena kondisi cuaca dan dalam rangka pemulihan ekosistem. Gunung lain yang juga ditutup untuk pendakian di awal tahun adalah Gunung Rinjani di Lombok. Tapi tak perlu khawatir, masih ada gunung-gunung lain yang menjadi pilihan untuk pendakiandi akhir tahun di Pulau Jawa hingga Pulau Sumbawa. Berikut ini di antaranya.

1. Gunung Papandayan
Gunung dengan ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut ini terletak di Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di gunung ini kawah-kawah yang mengeluarkan uap akan ditemui di awal pendakian. Sementara itu di ketinggian, terdapat hamparan pohon edelweis dan hutan mati dengan pepohonan kering yang nampak eksotik. Pemandangan inilah salah satu daya tarik utama Papandayan sehingga menjadi gunung favorit para traveller. Apalagi gunung yang masih aktif ini juga tidak terlalu sulit untuk didaki para pemula.

2. Gunung Cikuray
Pemandangan yang kerap diburu pelancong di gunung ini adalah lautan awan yang terhampar putih mengelilingi puncak. Karena itu, Cikuray sering dijuluki sebagai “Negeri di Atas Awan”. Sebagai kegiatan awal tahun, keindahan yang diberikan Gunung Cikuray bisa mendatangkan inspirasi sekaligus mengisi ulang semangat. Gunung yang terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut ini memiliki ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut.

3. Gunung Ciremai
Gunung ini juga menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi untuk merayakan pergantian tahun. Dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut, Gunung Ciremai merupakan tanah tertinggi di Jawa Barat. Pendaki bisa mencapai gunung ini dari Kabupaten Kuningan dan Majalengka, dengan tingkat kesulitan masing-masing yang mampu membangkitkan adrenalin pendaki di awal tahun. Namun semua terbayar dengan pemandangan kawah, matahari terbit, dan lautan awan yang menanti pendaki di puncak Ciremai.

4. Gunung Merapi
Gunung yang terletak di provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta ini juga kerap didatangi pendaki untuk memulai tahun yang baru. Pendaki bisa mengunjungi gunung ini lewat dua jalur pendakian resmi yaitu jalur Selo di Boyolali, dan jalur Sapuangin di Klaten. Pendaki umumnya membuka tenda di areal Pasar Bubrah dengan ketinggian 2.700 meter di atas permukaan laut yang merupakan padang bebatuan luas. Dari Pasar Bubrah, bagian puncak Merapi yang berpasir dan berbatu nampak jelas dengan warnanya yang abu-abu.
Ada kabar Merapi bisa ditutup sewaktu-waktu karena aktivitas vulkaniknya. Jadi siapkan saja rencana cadangan. Misalnya dengan mengalihkan pendakian ke Merbabu.

5. Gunung Merbabu
Bagi yang ingin memulai tahun dengan menikmati pemandangan hamparan padang rumput hijau, maka bisa mengunjungi Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Pendaki akan dimanjakan dengan keindahan bukit berundak-undak dan berkelok seperti pada serial anak-anak Teletubbies. Dari Merbabu, pendaki dapat melihat Gunung Merapi yang nampak anggun dari kejauhan dengan awan putih di atasnya. Merbabu yang terletak di provinsi Jawa Tengah memiliki ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut.

6. Gunung Tambora
Gunung Tambora terletak di Pulau Sumbawa dan masih berada di provinsi yang sama dengan Gunung Rinjani, yaitu Nusa Tenggara Barat. Tambora merupakan salah satu gunung yang letusannya pada tahun 1815 tercatat dalam sejarah dunia, karena dampaknya dirasakan hingga Amerika dan Eropa. Puluhan ribu orang tewas akibat letusan Tambora. Kaldera terbesar di Indonesia menjadi pemandangan cantik yang bisa dinikmati pendaki di puncak gunung ini saat tahun baru.