Makan Brokoli Mentah Bisa Cegah Kanker

Makan Brokoli Mentah Bisa Cegah Kanker

Makan Brokoli Mentah Bisa Cegah Kanker

Makan sayuran alangkah baiknya tidak dimasak. Termasuk brokoli, karena manfaatnya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Brokoli mengandung vitamin, mineral dan fitokimia. Saat dimasak, senyawa dari sayuran tersebut bisa hilang. Padahal itulah nutrisi yang membantu melawan penyakit dalam tubuh.

Apalagi saat brokoli dimasak dengan cara direbus. Semakin banyak vitamin yang larut dalam air hilang. Maka pastikan untuk makan brokoli mentah atau hanya dengan cara dikukus.

Jika ingin tahu manfaatnya lebih lanjut, berikut adalah manfaat konsumsi brokoli mentah. Simak ulasannya, dikutip Livestrong, Senin (19/6/2017).

Mengandung serat, vitamin dan mineral.

Brokoli mengandung vitamin C yang berlimpah. Begitu juga dengan kandungan serat dan mineralnya. Selain untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, makan brokoli mentah juga dapat melawan gangguan pencernaan.

Melawan pertumbuhan sel kanker

Saat Anda makan brokoli kukus, dapat melepaskan sejenis bahan kimia dalam makanan yang disebut glucosinolates. Bahan kimia ini memberi brokoli dan sayuran cruciferous lainnya rasa pahit atau pedasnya. Menurut Linus Pauling Institute, glucosinolate adalah agen anti kanker yang hebat yang menetralisir zat penyebab kanker sebelum mereka dapat merusak sel sehat. Jika Anda makan brokoli dan sayuran lainnya, dapat membantu mencegah kanker payudara, usus besar, paru-paru dan prostat.

Lauk yang cepat disajikan

Mengukus brokoli tak membutuhkan waktu lama. Sehingga, Anda lebih cepat mendapatkan manfaatnya dan langsung bisa mengonsumsinya. Karena itu, selalu sediakan sayuran brokoli di kulkas agar bisa dikonsumsi kapan saja.