Langka! Peneliti Temukan Gelang Kuno Berusia 70 Ribu Tahun

Langka! Peneliti Temukan Gelang Kuno Berusia 70 Ribu Tahun

Langka! Peneliti Temukan Gelang Kuno Berusia 70 Ribu Tahun

Gelang kuno yang dipercaya telah ada sejak masa Paleolitik bisa merevolusi pemahaman mengenai pengembangan awal manusia. Penelitian sains menganalisis, menemukan bahwa temuan benda berserajah itu berusia antara 65 ribu hingga 70 ribu tahun.

Dilansir Dailymail, Kamis (3/8/2017), para ahli telah percaya bahwa temuan mereka merupakan potongan paling tua dari perhiasan yang pernah ada di dunia. Gelang itu diyakini diciptakan oleh manusia awal yang dikenal dengan nama Denisovans.

Spesies itu memiliki kekerabatan yang dekat, namun terpisah dengan Homo sapiens dan Neanderthals.

Ilmuwan dari universitas Oxford dan Wollongong di Australia akan melakukan pertemuan bulan ini dengan tim peneliti dari Rusia.

Kalangan akademik ini akan menganalisis dan menginterpretasikan data dari tes pada usia lapisan tanah di mana gelang dan artefak lainnya, termasuk jarum pra-sejarah yang ditemukan.

Pada pameran di Prancis tahun ini, gelang klorit hijau yang ditemukan di sebuah gua Siberia, terdaftar berusia 50 ribu tahun.

Awalnya dilaporkan bahwa benda itu telah ada sejak 40 ribu tahun lalu dan diciptakan untuk perempuan oleh pengrajin Paleolitik.

Namun, peneliti Rusia telah menyarankan bahwa barang perhiasan tersebut berasal dari waktu yang lama, sebelum manusia purba tersebut dipercaya memiliki keterampilan atau pengetahuan untuk membuat benda tersebut.