“Kode Keras” Kehadiran Motor Trail 150 Cc Honda

Untitled-1

Sosok sepeda motor trail berdimensi kecil muncul di booth Honda dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Dia berdampingan dengan CRF450 Rally, tunggangan para jagoan Dakar Rally, terpajang di dek atas.

Inikah tanda awal hadirnya sepeda motor trail ber-cc kecil, alias CRF150 untuk pasar Indonesia? Sangat mungkin, dan memang kabar ini sudah lama bergulir, meski pada akhirnya pihak PT Astra Honda Motor (AHM) terus mengelak jika dimintai keterangan.

Ketika diamati detail, sepeda motor trail kecil itu sepertinya menggunakan mesin berkapasitas 150 cc, dilihat dari dimensi mesin dan bodi. Suspensi menggunakan tipe upside-down. Sayang, tak bisa didekati, karena seolah motor ini sengaja ”dijauhkan” dari jangkauan.

Artikelmajalah.Com pun mendapat sedikit pencerahan dari sumber yang tak mau disebutkan identitasnya, bahwa ini memang sudah menjadi kebiasaan AHM, memberikan petunjuk-petunjuk jika sepeda motor sedang disiapkan untuk meluncur.

”Sepeda motor itu modifikasi, bukan dari (produksi) AHM. Tapi tahu sendiri kan, AHM sering ngasih petunjuk kalau mau meluncurkan produk baru. Tidak lama lagi (peluncurannya) mudah-mudahan,” ujar sumber kepada Artikelmajalah.Com, (10/8/2017).

Beberapa kali AHM memang memberi tanda dan sering mengetes pasar di pameran otomotif. Seperti ketika Sonic lawas dipajang di Jakarta Fair beberapa tahun lalu sebagai tanda kemunculan New Sonic 150R kemudian.

Jika ditelaah lebih dalam, satu-satunya pasar yang belum AHM kuasai adalah trail yang sekarang masih milik ”geng hijau” Kawasaki. Segmen sport yang dulu kuat digenggam Yamaha, kini sudah direbut paksa. Bebek dan skutik? Jangan ditanya, Honda rajanya.