Kaum LGBT kini boleh menikah di Jerman

Kaum LGBT kini boleh menikah di Jerman

Kaum LGBT kini boleh menikah di Jerman

Parlemen Jerman kemarin memutuskan pernikahan sejenis kini dibolehkan setelah para pendukung undang-undang itu meraih 393 suara melawan 226 yang menentang. Kanselir Jerman Angela Merkel sebelumnya menentang kebijakan pernikahan sejenis untuk kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LBGT).

“Bagi saya, pernikahan dalam hukum Jerman adalah antara laki-laki dan perempuan dan itulah sebabnya saya tidak memilih untuk mendukung undang-undang ini,” ujar Merkel kepada wartawan beberapa saat setelah perolehan suara bersejarah itu, seperti dilansir koran the Independent, Sabtu (2/6).

“Saya harap hasil perolehan suara hari ini tidak hanya mendukung rasa saling menghormati antara pandangan yang berbeda tapi juga membawa kebaikan dan perdamaian bagi hubungan sosial,” kata dia.

Merkel mengatakan dia mendukung undang-undang soal adopsi anak bagi pasangan sejenis meski sebelumnya dia menentang aturan itu.

Isu ini sempat memecah kubu partai Serikat Kristen Demokratik (CDU) yang mengusung Merkel dan kini berkuasa di parlemen.

Belanda menjadi negara Eropa pertama yang melegalkan pernikahan sejenis pada 2001 kemudian diikuti oleh Belgia, Spanyol, Kanada, Norwegia, Swedia, Portugal, Islandia, Denmark, Prancis, dan Inggris.