Kaleidoskop 2017 : 10 Momen Terbaik Sepak Bola di Dunia

Kaleidoskop 2017 : 10 Momen Terbaik Sepak Bola di Dunia

Kaleidoskop 2017 : 10 Momen Terbaik Sepak Bola di Dunia

Tahun 2017 menjadi tahun yang penuh warna bagi dunia sepak bola. Sejumlah momen besar mewarnai tahun ini baik di dalam maupunĀ  di luar lapangan.

Berikut 10 momen terbaik sepak bola tahun 2017 yang Tempo rangkum dalam Kaleidoskop 2017 :

1. Kamerun Juarai Piala Afrika 2017
Kamerun berhasil keluar sebagai juara Piala Afrika 2017. Skuad Singa Afrika meraih gelar ke-5 nya di ajang tersebut berkat kemenangan dramatis 2-1 atas Mesir pada laga final yang digelar pada 6 Februari 2017. Gelandang Vincent Aboubakar menjadi penentu kemenangan Kamerun pada menit-menit akhir pertandingan. Padahal mereka sebelumnya tertinggal berkat gol yang diciptakan oleh gelandang Arsenal, Mohamed Elneny pada babak pertama. Pada pertengahan babak kedua, Nicolas N’Kolou menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dan berkat perjuangan tanpa lelah, skuad asuhan Hugo Bross berhasil keluar sebagai pemenang.

2. Barcelona Mencatatkan Kemenangan Bersejarah
Barcelona berhasil mencatatkan kemenangan bersejarah setelah menundukkan PSG 6-1 pada laga kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Camp Nou pada Maret 2017. Mereka tercatat sebagai tim pertama yang mampu membalikkan keadaan dari ketertinggalan 4 gol pada laga pertama. Gelandang Sergi Roberto menjadi pahlawan setelah mampu menciptakan gol ke-6 Barcelona pada laga itu di menit-menit akhir pertandingan. Sayangnya langkah Barcelona terhenti oleh Juventus pada babak selanjutnya.

3. Real Madrid Pertahankan Gelar Liga Champions
Real Madrid berhasil mempertahankan gelar Liga Champions pada Juni 2017. Cristiano Ronaldo cs berhasil menundukkan Juventus pada partai puncak yang digelar di Stadion Millenium, Cardiff, Wales. Madrid menjadi tim pertama yang berhasil meraih gelar Liga Champions secara beruntun dalam 3 dekade terakhir. Hal itu juga menjadi catatan khusus bagi Pelatih Zinadine Zidane yang meraih 2 gelar Liga Champions pada 2 musim pertamanya menjadi pelatih.

4. Lionel Messi Menikahi Antonella Rocccuzzo
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, akhirnya melangsungkan pernikahan dengan perempuan yang telah memberinya dua orang anak, Antonella Roccuzzo. Pernikahan itu digelar di kampung halaman keduanya, Rosario, Argentina, pada Juni 2017. Pernikahan Messi dan Antonella bisa dianggap sebagai pernikahan pesepakbola paling menghebohkan pada 2017. Bahkan sejumlah media menasbihkan pernikahan itu sebagai pernikahan abad ini.

5. Jerman Juara Piala Konfederasi
Timnas Jerman memulai kampanye untuk mempertahankan trofi Piala Dunia dengan menjuarai Piala Konfederasi 2017. Menurukan sejumlah pemain muda, laju Tim Panser sedikit terhambat pada fase grup dengan ditahan imbang Cile 1-1. Namun mereka berhasil menggilas juara Copa Amerika tersebut di babak final. Jerman menang 1-0 berkat gol Lars Stindl.

6. PSG Pecahkan Rekor Transfer Pemain Termahal
Paris Saint-Germaine memecahkan rekor pemain termahal di dunia dengan memboyong Neymar Jr dari Barcelona pada Agustus . PSG menebus klausa pemutusan kontrak penyerang asal Brasil itu senilai 222 juta euro atau sekitar Rp 3,5 triliun. Pembelian Neymar ini sempat diwarnai drama. Pihak Liga Spanyol menilai PSG melanggar aturan Financial Fair Play yang diterapkan Asosiasi Sepak Bola Eropa, UEFA. Hal ini sempat membuat transfer tersendat hingga akhirnya Barcelona tak bisa berbuat apa-apa.

7. Real Madrid Juarai Piala Super Eropa
Real Madrid berhasil menjuarai Piala Super Eropa pada awal musim 2017-2018. Mereka menekuk Manchester United pada laga yang berlangsung di Stadion Philip Arena II di Makedonia pada 8 Agustus 2017. Kemenangan itu membuat Real Madrid kini telah mengantongi 4 trofi Piala Super Eropa. Mereka hanya kalah 1 trofi dari Barcelona dan AC Milan yang merupakan pemilik gelar terbanyak turnamen tersebut.

8. Cristiano Ronaldo Menjadi Pemain Terbaik di Dunia
Penyerang Real Madrid terpilih sebagai pemain terbaik di dunia versi FIFA. Dalam malam anugerah yang digelar di London, Inggris, pada Oktober 2017 tersebut, Ronaldo mengalahkan rival abadinya, Lionel Messi, dan penyerang asal Brasil Neymar Jr. Ronaldo unggul setelah mengantongi 43,16 suara dari seluruh kapten dan pelatih timnas di dunia. Messi hanya berhasil mengantongi 19,25 persen suara sementara Neymar 6,97 persen. Dia juga berhasil meraih gelar Ballon d’Or pada Desember 2017. Ronaldo kembali terpilih menjadi pemain terbaik di dunia versi jurnalis dengan mengalahkan dua seterunya tersebut.

9. Real Madrid Juarai Piala Dunia Antarklub
Real Madrid kembali menambah koleksi trofinya setelah menjuarai Piala Dunia Antarklub 2017. Pada partai final mereka mengalahkan wakil Brasil, Gremio dengan skor tipis 1-0. Gol kemenangan Real Madrid diciptakan oleh Ronaldo yang sepekan sebelumnya meraih gelar Ballon d’Or. Raihan itu membuat Real Madrid menyamai rekor Barcelona dengan mengantongi 3 gelar juara Piala Dunia Antarklub. Mereka juga mencetak sejarah sebagai tim pertama yang mampu menjuarai kejuaraan itu dua kali secara beruntun.

10. Liverpool Pecahkan Rekor Bek Termahal di Dunia
Liverpool berhasil mendatangkan bek Virgil van Dijk dari Southampton pada penghujung tahun ini. Yang membuat transfer ini spesial adalah karena nilainya yang mencapai 75 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,3 triliun. Hal itu membuat Van Dijk berhak menyandang gelar sebagai bek termahal di dunia. Nilai transfer pemain asal Belanda itu mengalahkan nilai transfer Benjamin Mendy saat diboyong Manchester City dari AS Monaco pada bursa transfer musim panas dengan nilai 52 juta pound sterling.