“Gara-gara Film Black Panther, Banyak yang Cari Baju Koko ke Sini”

"Gara-gara Film Black Panther, Banyak yang Cari Baju Koko ke Sini"

Pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, sudah mengetahui pakaian muslim pria atau baju koko yang populer berkat film garapan Marvel berjudul Black Panther. “Itu motifnya Afrika. Gara-gara film Black Panther banyak yang cari, tetapi belum masuk ke sini. Saya sih nyimpen fotonya,” kata seorang pedagang baju koko Blok B, Sultan kepada artikelmajalah.com di Pasar Tanah Abang, Sabtu (24/2/2018). Ia mengatakan, baju yang tren di pasaran tergantung hasil pencarian pemilik toko. Sejauh ini, sebagian baju koko yang masuk ke Tanah Abang berasal dari Pakistan.

“Pemiliknya belum ketemu baju koko begitu kayaknya,” ujarnya.  Baju hitam yang dikenakan tokoh T’Challa (Chadwick Boseman) memiliki motif perak di bagian dada dan kedua pergelangan tangan. Penampilan baju tersebut dianggap masyarakat sebagai baju koko yang biasa dikenakan untuk beribadah dan acara keagamaan.

“Ada (baju koko yang) modelnya sejenis sama itu, tetapi namanya bukan koko, jasko. Ada motif juga di lengan dan bordirnya juga sama silver gitu,” kata Aris, pedagang blok B lainnya. Untuk model sejenis baju yang dikenakan T’Challa, kata Aris, tokonya mematok harga Rp 140.000. Sementara di situs toko online, baju dengan model serupa dipatok Rp 200.000-Rp 350.000.

Pencarian baju koko Black Panther juga dilakukan Sari, penjual baju muslim online. Ia mengatakan, sudah banyak warganet yang menanyakan baju koko Black Panther.  Ia pun langsung mengeceknya ke Blok B Tanah Abang hari ini.

“Itu juga banyak yang cari di Instagram, tetapi saya cek ke sini (Blok B) belum ada (baju koko Black Panther),” kata Sari. Seorang pedagang baju koko Blok F Tanah Abang, Agus mengatakan, belum ada penjualan baju koko seperti di film Black Panther. Ia mengabarkan, 50 toko baju koko di Tanah Abang berasal dari satu pusat distributor.

“Itu (koko) model baru, tetapi belum masuk ke sini. Kalau model (koko Black Panther) belum ada, kami bisa saja bikin custom bordir sesuai itu,” kata Agus. Baju yang dipakai tokoh T’Challa dalam film Black Panther adalah hasil karya costume designer film hollywood Ruth Carter. Motif yang digunakan adalah ciri khas mode Afrika yang bernama Dhasiki.