Demi Perkuat Fitur iPhone X , Apple Kucurkan Rp5,3 Triliun

Demi Perkuat Fitur iPhone X , Apple Kucurkan Rp5,3 Triliun

Demi Perkuat Fitur iPhone X , Apple Kucurkan Rp5,3 Triliun

Apple menggelontorkan USD390 juta atau sekira Rp5,3 triliun demi memperkuat dukungan fitur iPhone X. Dana tersebut sebagaimana diumumkan Apple diserahkan kepada produsen komponen optik Finisar untuk memperkuat fitur Face ID, Animoji dan foto mode potret.

Apple memang telah berkomitmen untuk mengucurkan setidaknya USD1 miliar, melalui Advanced Manufacturing Fund pada perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat (AS) untuk mendukung manufaktur berteknologi tinggi. Sejauh ini, Apple juga telah menyerahkan USD200 juta kepada produsen Gorilla Glass Corning pada Mei lalu.

BACA JUGA : Apple Pamer Kemampuan Face ID dan Portrait Lighting iPhone X

Finisar mengungkapkan bahwa kucuran dana dari Apple itu bukan investasi hutang atau ekuitas perusahaan.

“Jumlah (dana) yang disebut Apple merupakan antisipasi bisnis masa depan antara perusahaan selama periode waktu tertentu,” kata Finisar dalam sebuah pernyataan.

Finisar akan menggunakan dana tersebut untuk membangun kembali pabrik seluas 700.000 kaki persegi di Sherman, Texas. Hal ini dilakukan demi meningkatkan produksi chip laser yang disebut ravity surface-emitting laser vertikal (VCSEL).

“Inovasi di jantung Texas! Dengan bangga bekerja sama dengan @Finisar, penerima terbaru dari Advanced Manufacturing Fund kami,” kata Chief Executive Officer Apple, Tim Cook dalam sebuah tweet.

Laser itu juga akan digunakan untuk sensor 3D pada AirPods dan headphone nirkabel Apple. Diharapakan Finisar mulai mengirimkan produk dari pabriknya pada semester kedua 2018.

Tak tanggung-tanggung, Apple berencana membeli VCSEL hingga 10 kali lipat lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya yang mulanya bersumber dari berbagai perusahaan. Demikian seperti dilansir Reuters, Kamis (14/12/2017)