Butuh Rp 300 Miliar untuk Perbaiki Bandara Palu

Butuh Rp 300 Miliar untuk Perbaiki Bandara Palu

Butuh Rp 300 Miliar untuk Perbaiki Bandara Palu

Total biaya perbaikan Bandara Sis Al Jufri, Palu yang rusak karena gempa mencapai Rp 300 miliar. Biaya tersebut sudah termasuk biaya perbaikan untuk landasan pacu dan juga terminal bandara.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berbincang dengan, Rabu (3/10/2018).

Ia menjelaskan, dari total biaya perbaikan tersebut, sekitar Rp 100 miliar akan digunakan untuk memperbaiki sisi udara yakni landasan pacu yang rusak berat dan pemeliharaan landasan pacu yang sudah ada.”Rp 60 Miliar akan digunakan untuk perbaikan runway. Untuk peningkatan/pemeliharaan daya dukung eksisting Rp 40 miliar, jadi total sisi udara Rp 100 miliar,” kata dia.

Sementara sisanya akan digunakan untuk perbaikan sisi darat pesawat dalam hal ini terminal dan fasilitas pelayanan lainnya seperti transportasi penumpang yang menghubungkan terminal dan pesawat serta bangunan terminal bandara itu sendiri.

“Untuk terminal diperkirakan total sekitar Rp 150 miliar, sedangkan sisi darat lainnya yaitu gedung tower, gedung PKPPK, bangunan pendukung lainnya sekitar Rp 50 miliar jadi total sisi darat sekitar Rp 200 miliar,” jelas Budi.Sumber dana yang akan digunakan untuk memperbaiki bandara kata Budi Karya yaitu menggunakan dana dari Kementerian Perhubungan.

“Anggaran Kemenhub. Anggaran direncanakan menggunakan APBN-P 2018 dan APBN 2019 serta dana dari AirNav untuk pembangunan gedung tower,” tandas dia.