BMW i8 Jadi Safety Car Formula E Pertama

BMW i8 Jadi Safety Car Formula E Pertama

BMW i8 Jadi Safety Car Formula E Pertama

Artikelmajalah – BMW telah mengumumkan secara resmi safety car yang akan digunakan pada ajang balap mobil kursi tunggal ala F1 namun menggunakan tenaga listrik, yaitu Formula E. Pengumuman ini dilakukan di Monaco dengan menampilkan BMW i8 Roadster yang telah melewati sejumlah modifikasi.

Modifikasi ini membuat roadster ini tampak cukup berbeda dari aslinya. Sebagian besar hal ini disebabkan oleh penggantian windshiekd aeroscreen yang mendominasi tampilan mobil ini. BMW mengatakan centre gravity dari mobil listrik ini juga sudah diturunkan hingga 15mm. Tidak ada perubahan pada rangka dan sasis mobil ini karena diklaim cukup untuk menjadi safety car Formula E. Dari sisi aerodinamisme mobil ini juga sudah disesuaikan sesuai kebutuhan terlihat dari spliter depan dan spoiler belakang. Rem menggunakan keramik karbon M dan tambahan roll bar Formula E.

BMW juga mengatakan mobil ini merupakan safety car balap profesional pertama yang menggunakan mobil roadster atau mobil tanpa atap. Selain BMW i8 model lain yang digunakan oleh Formula E adalah 13s sebagai mobil race director dan BMW 530e sebagai mobil ambulansnya.

BMW i8 sendiri telah mengaspal di Indonesia melalui BMW Group Indonesia. Sport car hybrid ini hadir dengan teknologi BMW eDrive terbaru yang berikan pengalaman berkesan dalam penggunaan kendaraan listrik.

Baterai lithium-ion terbaru terletak di bagian tengah kendaraan sehingga menambah kedinamisan kendaraan. Kapasitas sel baterai naik dari 20 menjadi 34 Ah dan kapasitas gross energi naik dari 7.1 menjadi 11.6 kWh (net: 9.4 kWh). Artinya motor listrik miliki lebih banyak energi untuk digunakan. Konfigurasi sel baterai tingkatkan 9 kW/12 hp pada output puncak menjadi 105 kW/143 hp, sehingga memungkinkan akselerasi yang dinamis saat menggunakan tenaga listrik murni.

BMW i8 Roadster juga dapat digerakkan dengan listrik murni – dari posisi diam hingga kecepatan 105 km/jam, naik dari 70 km/jam dari BMW i8. Mesin pembakaran hanya akan digunakan pada kecepatan tinggi. Dengan menekan tombol eDrive memungkinkan kendaraan berakselerasi hingga 120 km/jam dengan listrik murni, dan jarak tempuh hingga 53 km.

Mobil ini bisa dimiliki jika anda berkenan mengeluarkan uang sebesar Rp 3.969.000.000 di luar pajak.