Bayern Juarai Piala Super Jerman Lewat Drama Adu Penalti

Bayern Juarai Piala Super Jerman Lewat Drama Adu Penalti

Bayern Juarai Piala Super Jerman Lewat Drama Adu Penalti

Pertandingan Piala Super Jerman 2017 mempertemukan antara Borussia Dortmund melawan Bayern Munich. Pertandingan ini jelas menjadi laga yang penting, mengingat kedua kesebelasan memiliki sejarah pertemuan yang panjang.

Dalam laga yang juga bertajuk Der Klassiker ini, kedua kesebelasan harus melalui laga hingga babak adu penalti. Pasalnya, hingga pertandingan di waktu normal berakhir, Dortmund dan Bayern hanya mampu bermain imbang 2-2.

Babak Pertama

Sejak wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai, kedua kesebelasan sudah langsung memperagakan permainan cepat. Terbukti pada menit 11, Robert Lewandowski langsung memberikan ancaman ke gawang Dortmund melalui sepakan kerasnya. Namun sayang, bola masih melambung di atas mistar.

Satu menit berselang, justru sebaliknya, Dortmund yang melakukan serangan malah mampu merobek jala gawang Bayern. Adalah Christian Pulisic yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Javi Martinez, Pulisic dengan mudah mengoyak gawang Bayern yang dijaga Sven Ulreich. Skor pun berubah 1-0 untuk Dortmund.

Kendati demikian, keunggulan Dortmund nyatanya tak bertahan lama. Hal itu dikarenakan pada menit ke-18, Lewandowski sukses menyamakan kedudukan. Berawal dari pergerakan Joshua Kimmich yang lolos dari penjagaan Dan-Axel Zagadou, Kimmich sukses memberikan umpan kepada Lewandowski yang kemudian dikonversi menjadi gol. Papan skor pun kembali berubah 1-1.

Selepas gol Lewandowski, Bayern seolah bangkit dari keterpurukan dan mulai mampu menguasai pertandingan. Serangan demi serangan berhasil mereka bangun dan beberapa kali mengancam gawang Dortmund. Meski begitu, hingga babak pertama berakhir, tak ada gol lain yang tercipta. Baik Dortmund maupun Bayern harus puas turun minum dengan skor 1-1.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, kedua kesebelesan terlihat tak menurunkan tempo permainan. Namun begitu, baik Dortmund maupun Bayern, nyatanya sama-sama sulit membongkar pertahanan tim lawan.

Peluang emas untuk Dortmund baru tercipta pada menit ke-58. Nuri Sahin mencoba peruntungannya dengan menembakkan bola dari jarak sekitar 25 meter. Meski demikian, tembakan tersebut masih dapat dibelokkan.

Gol untuk Dortmund baru hadir di menit 71 melalui kaki Pierre-Emerick Aubameyang. Berawal dari Dembele yang mampu merangsek ke pertahanan Bayern, ia pun lekas mengirimkan bola di kakinya kepada Aubameyang yang kemudian dituntaskan dengan sebuah chip indah. Skor pun berubah 2-1 untuk Dortmund.

Tertinggal satu gol, skuad asuhan Carlo Ancelotti pun segera melakukan serangan bertubi-tubi ke daerah pertahanan Dortmund. Para pemain Dortmund pun menjadi kelimpungan dengan gempuran serangan yang terus berdatangan.

Upaya keras Bayern pada akhirnya membuahkan hasil di menit 88. Adalah tendangan keras Rode yang kemudian membentur Piszczek dan kemudian masuk ke dalam jala gawang timnya sendiri. Skor pun kembali sama kuat 2-2.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua, tak ada lagi gol yang tercipta. Pertandingan pun dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Di babak adu penalty, Dortmund sebenarnya bisa memenangkan pertandingan lantaran sepakan pemain Bayern, Kimmich gagal masuk ke dalam gawang. Namun sayangnya, pada kesempatan berikutnya, pemain Dortmund, Sebastian Rode juga gagal melakukan eksekusi.

Penendang penalti pun pada akhirnya memasuki orang keenam. Pada kesempatan ini, pemain Dortmund lainnya, Marc Bartra, kembali gagal melakukan eksekusi. Bayern pun akhirnya keluar sebagai juara Piala Super Jerman 2017.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund: Burki; Papastathopoulos,Bartra, Piszczek, Zagadou (Passlack 77’); Sahin, Castro, Dahoud (Rode 46’); Dembele, Pulisic (Philipp 90’), Aubameyang

Bayern Munich: Ulreich; Javi Martinez (Sule 60’), Hummels, Kimmich, Rafinha; Rudy, Tolisso (Sanches 84’), Vidal, Muller (Coman 67’); Ribery, Lewandowski