Ballon d’Or 2018: Luka Modric di Tengah Pemain Prancis. Ronaldo dan Messi?

Ballon d’Or 2018: Luka Modric di Tengah Pemain Prancis. Ronaldo dan Messi?

 

palaala

Ballon d’Or 2018 nanti akan menandai tepat 10 tahun berlalu sejak Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mendominasi penghargaan tersebut dalam satu dekade terakhir. Ronaldo dan Messi sama-sama meraih lima trofi Ballon d’Or, pembagian yang cukup adil.

Kini, tampaknya dominasi itu akan berakhir. Ronaldo dan Messi sama-sama tampil standar di Piala Dunia 2018 lalu bagi negaranya masing-masing. Mungkin, inilah saatnya membuka era baru.

Ballon d’Or kali ini memang cukup berbeda, berada di tahun yang sama dengan Piala Dunia. Mau tak mau, penampilan setiap kandidat juga jadi tolok ukur penentuan pemenang Ballon d’Or kali ini.

Sebelumnya, pada dua penghargaan penting, FIFA Best Men’s Player of the Year dan UEFA Best Player, nama Luka Modric keluar sebagai pemenang. Lalu siapakah yang layak jadi pemenang Ballon d’Or?
‘Manusia’ terakhir yang meraih Ballon d’Or adalah Ricardo Kaka pada 2007 silam. Sejak saat itu, hanya Ronaldo dan Messi yang jadi pemenang.

Berikut nominasi Ballon d’Or sejauh ini:

Kiper: Alisson Becker, Thibaut Courtois, Hugo Lloris, Jan Oblak.

Bek: Diego Godin, Marcelo, Sergio Ramos, Raphael Varane.

Gelandang: Luka Modric, N’Golo Kante, Kevin De Bruyne, Isco, Paul Pogba, Ivan Rakitic.

Penyerang:Sergio Aguero, Gareth Bale, Karim Benzema, Edinson Cavani, Cristiano Ronaldo, Roberto Firmino, Antoine Griezmann, Eden Hazard, Harry Kane, Mario Mandzukic, Sadio Mane, Kylian Mbappe, Lionel Messi, Neymar, Mohamed Salah, Luis Suarez.

Ronaldo sudah memenangkan satu gelar Liga Champions lagi bersama Madrid. Messi menjuarai La Liga bersama Barcelona. Namun, keduanya tak bisa berbuat banyak di Piala Dunia.

Faktor Piala Dunia terbilang krusial. Sebagaimana dikatakan presiden FIFA, Gianni Infantino: “Anda bisa memberikan Ballon d’Or pada separuh skuat Prancis untuk apa yang mereka perbuat di Piala Dunia.”

Adapun dari 30 nominasi itu ada enam pemain Prancis yang termasuk: Mbappe, Griezmann, Varane, Hugo Lloris, Pogba, dan N’Golo Kante. Pemain Prancis terakhir yang mendapatkan Ballon d’Or adalah Zinedine Zidane pada 1998 silam.

Kendati demikian, satu-satunya rintangan pemain Prancis mungkin adalah Luka Modric, yang terbilang berperan besar membawa Kroasia sampai final Piala Dunia.

Meski statistik Modric tak sehebat Ronaldo dan Messi, dia jelas layak mendapatkan Ballon d’Or.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps tak mau terlibat dalam perdebatan itu. Dia menegaskan gengsi trofi Piala Dunia pemain Prancis tak akan berkurang meski tak mendapatkan Ballon d’Or.

“Saya tak ingin terlibat dalam debat ini. Saya tidak memilih. Saya hanya berharap pemenangnya pemain prancis. Siapa pun yang menang, dia layak mendapatkannya.”

Singkat kata, Ballon d’Or kali ini sudah hampir pasti jadi akhir dominasi Ronaldo dan Messi. Namun siapakah yang layak jadi penggantinya? Modric? Griezmann? Sungguhkah mereka sudah layak menyamai level Ronaldo dan Messi?

Ballon d’Or memang ditentukan oleh 180 jurnalis di seluruh dunia. Tetapi tak ada salahnya bolaneters turut memilih