Astronot NASA Jajal Kapsul Antariksa SpaceX

 

Astronot NASA Jajal Kapsul Antariksa SpaceX

Astronot NASA Jajal Kapsul Antariksa SpaceX

Pada Agustus lalu, SpaceX menggelar open house untuk memperkenalkan para angkasawan dari NASA yang akan mereka berangkatkan ke antariksa. Seluruh astronot tersebut akan mencicipi kapsul luar angkasa milik perusahaan pimpinan Elon Musk tersebut yang bernama Crew Dragon, atau disebut juga sebagai Dragon 2.

Kini, proyek tersebut sudah kelihatan kemajuannya. Hal ini tampak dari unggahan akun Twitter NASA Commercial Crew”Kru astronot Bob Behnken dan Doug Hurley mulai membiasakan diri dengan operasional di dalam Crew Dragon milik SpaceX, berseragam lengkap!” tulisnya.

Sekadar informasi, keduanya memang menjadi yang ditunjuk badan antariksa Amerika Serikat menuju International Space Station (ISS) menggunakan Crew Dragon. Dan uji coba ini pun berjalan tepat pada waktunya, karena memang dijadwalkan untuk berlangsung pada November ini.

Dalam video itu sendiri, tampak Bob dan Doug mengenakan seragam yang membuat mereka menjadi mirip dengan Starman. Itu adalah dummy milik SpaceX yang diterbangkan beserta Tesla Roadster ke angkasa pada peluncuran perdana roket terkuatnya, yaitu Falcon Heavy.Rencananya, Launch Complex 39A di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat akan menjadi saksi peluncuran dua astronot NASA pertama yang menaiki Crew Dragon. Dijadwalkan agenda tersebut bakal berlansung pada April 2019.

Selain SpaceX, NASA juga menunjuk Boeing lewat Starliner yang dibawa oleh roket Atlas V buatan United Launch Alliance, sebuah joint venture antara mereka dengan Lockheed Martin. Rencananya mereka baru akan meluncurkan astronot NASA ke ISS pada Agustus 2019.