Agar Nggak Jinjit Lagi Saat Bawa Yamaha Lexi

Agar Nggak Jinjit Lagi Saat Bawa Yamaha Lexi

Agar Nggak Jinjit Lagi Saat Bawa Yamaha Lexi

Yamaha Lexi memiliki tinggi jok ke tanah paling tinggi di kelas skutik 125cc. Sesuai data pabrikan, Lexi punya tinggi jok ke tanah sekitar 785 mm. Salah satu sebabnya karena aplikasi profil ban cukup lebar, depan pakai ukuran 90/90 belakang ukuran 100/90 dengan pelek 14 inci.

Selain ban besar, jok Lexi juga dibekali jok yang lumayan lebar dan panjang. Sehingga kadang cukup membuat jinjit kaki penggunanya, termasuk tester detikOto yang punya tinggi 165 cm.Supaya Otolovers tidak jinjit lagi saat bawa Yamaha Lexi, ada sedikit tips agar Yamaha Lexi lebih ramah saat dikendarai. Seperti apa caranya? Pertama adalah dengan memapas busa jok. Dengan memapas busa, tinggi jok ke tanah bisa dikurangi. Tapi ada efeknya nih.

“Jok yang lebih tipis dari jok standar bisa bikin pengendaranya cepat pegal karena jok sudah nggak nyaman lagi,” ucap Muhammad Ikim dari RI Matic Shop, Duren Sawit, Jakarta Timur kepada detikOto (17/10/2018).Cara lain memendekkan tinggi Lexi adalah dengan memotong per sokbreker depan atau dengan mengganti per belakang dengan ukuran lebih pendek. “Cara ini bisa menurunkan tinggi jok Lexi antara 2-3 cm,” lanjut Ikim.

Selain dengan kedua cara tersebut, menurunkan tinggi jok Lexi bisa juga dilakukan dengan cara mengganti profil ban yang lebih kecil. Misal ban depan diganti dengan profil 80/80 dan belakang pakai profil 100/70.

“Bisa saja ganti profil ban yang ukurannya lebih kecil, tapi profil bannya harus tetap lebar untuk mengimbangi ukuran pelek. Kalau ban terlalu kecil, efeknya bisa ngedonat dan ban jadi nggak stabil saat motor dikendarai,” pungkas Ikim.