7 Isi Perut Ular Paling Mencengangkan

z

Peristiwa ular piton memakan petani di Mamuju, Sulawesi Barat menghebohkan khalayak. Sebab perilaku itu tak biasanya dilakukan oleh reptil tersebut.

Lumrah diketahui bahwa ular mampu menelan mangsa yang lebih besar seiring dengan pertumbuhan tubuhnya. Pada beberapa kasus, piton turut memangsa hewan dengan ukuran dua kali lipat lebih besar dari ukuran tubuhnya.

Sapi atau babi adalah salah satu contoh hewan besar yang mampu ditelan ular piton. Namun, menelan manusia bukan kebiasaan hewan melata tersebut.

Kasus ular piton memangsa manusia di Mamuju mengemuka saat warga curiga Akbar hilang sehari sebelumnya. Pasalnya, kelapa sawit yang habis dipetik ditemukan berserakan di sekitar lokasi penemuan ular tersebut.

“Kemungkinan ular tersebut menyerang Akbar dari belakang,” ungkap seorang warga.

Akhirnya warga sepakat untuk membelah perut ular tersebut dengan menggunakan peralatan seadanya. Video berdurasi 5 menit 43 detik yang menampilkan detik-detik evakuasi korban langsung viral di media sosial.

Temuan jasad bukan satu-satunya isi dari perut ular yang menakjubkan. Ada beberapa yang mungkin buat Anda geleng-geleng kepala, berikut yang Artikelmajalah.com rangkum dari beragam sumber pada Selasa (4/4/2017):

Selimut Listrik

Seekor ular piton berukuran 3,5 meter bernama Houdini harus dibedah setelah menelan selimut listrik besar. Ia menelan semuanya, lengkap dengan kabel listrik dan kotak pengatur suhu.

Kabel-kabel dalam selimut itu membentang hingga 2,5 meter, di dalam saluran pencernaan reptil seberat 27 kilogram tersebut.

Menurut pemilik bernama Karl Beznoska di Ketchum, Idaho, selimut itu mungkin menggelung seperti kelinci yang menjadi makan malam ular peliharaan.

Padahal selimut listrik tadi ditaruh dalam kandang Houdini, untuk menghangatkan hewan yang tidak mampu menghasilkan sendiri panas tubuh.

Dikira Anak Sapi, Ternyata…

Penduduk Nigeria membunuh ular super besar yang kerap datang ke desa mereka. Penyebabnya, mereka mencurigai perut bengkak reptil tersebut akibat memakan anak sapi. Berdasarkan praduga itu, warga pun ramai-ramai berburu.

Setelah dibantai, mereka menyayat perut si ular untuk mengetahui bagian dalam yang membengkak. Namun ternyata, hasilnya: puluhan telur, bukan anak sapi seperti yang diperkirakan.

Kamis 10 November 2016, ternyata ular itu tak memakan hewan ternak warga, melainkan tengah hamil. Sang ular tidak kelebihan bobot akibat makanan terakhirnya.

Setelah disayat bagian perut, puluhan telur yang ditemukan dikeluarkan oleh penduduk setempat, yang menganggap itu adalah kelezatan langka.

Kekenyangan Rusa Dewasa

Pada 27 Oktober 2011, terbit foto para pekerja South Florida Water Management District sedang memegang ular piton Burma berukuran hampir 5 meter. Reptil itu tertangkap dan terbunuh di Taman Nasional Everglades, negara bagian Florida.

Setelah tubuh ular dibelah, barulah diketahui hewan itu baru saja menyantap rusa betina berbobot 34,5 kilogram.

Kepenuhan Babi

Neil McDougall seorang warga Julatten di Queensland, Australia, sedang mencari jamur di halaman, ketika ia mendapati ular piton berukuran 4,5 meter dalam kondisi sudah mati.

Perutnya menggembung sangat besar, sehingga diduga baru saja menyantap mangsa berukuran tak biasa.

Seorang pakar menjelaskan kepada McDougall bahwa ular itu mungkin mati karena perutnya robek. Mungkin karena kaki tajam wallaby (sejenis kanguru) atau babi kecil yang menembusnya.

Tercabik Duri Landak

Seekor ular piton raksasa kedapatan mati tergeletak dekat lintasan sepeda, setelah menelan seekor landak seberat 14 kilogram. Ternyata duri-duri landak itu merobek bagian dalam pemangsanya.

Ular piton berukuran hampir 4 meter itu mati setelah terjatuh dari tebing batu di Kawasan Pelestarian Danau Eland, Afrika Selatan. Diduga duri-duri landak menusuk ketika ular itu terjatuh.

Setelah dilaporkan kepada petugas penjaga kawasan, mereka melakukan otopsi terhadap ular untuk mengeluarkan landaknya. Ternyata, bagian dalam ular itu sudah tercabik-cabik.

Terobek Buaya

Seekor ular piton Burma berukuran 4 meter di Taman Nasional Everglades, negara bagian Florida, menelan mangsa yang diduga menyebabkan tubuhnya robek.

Para peneliti South Florida Natural Resources Center menemukan bangkai piton tak berkepala pada Oktober 2005, setelah ia diduga mencoba menelan buaya Amerika berukuran 2 meter

Buaya yang dijadikan mangsa si ular terlihat menyembul ke luar, dari salah satu sobekan tubuh bagian tengah reptil tersebut. Segumpal kulit buaya juga ditemukan dalam saluran pencernaannya.

Diduga ular piton itu mencoba menyantap mangsa yang tidak sanggup ditelannya.