5 Program Kampus yang Bikin Kamu Sukses

5 Program Kampus yang Bikin Kamu Sukses

Memasuki era revolusi industri 4.0, mahasiswa diharuskan mempersiapkan diri dengan maksimal serta menonjolkan keunikan dan nilai tambah (added value). Hal ini disebabkan pada era revolusi industri 4.0 terjadi pengintegrasian antara sistem otomasi dan internet dengan sistem produksi industri. Tandanya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin ketat.

Maka mahasiswa harus memiliki added value untuk bekal agar bisa bersaing dengan lulusan asing di era revolusi industri 4.0. Tidak perlu susah memikirkan bagaimana caranya. Sebab, hal tersebut bisa kalian asah dengan program yang disediakan oleh kampus. Berikut program yang bisa diikuti oleh mahasiswa.

Program Magang

Dengan mengikuti program magang, mahasiswa bisa beradaptasi dengan cepat di lingkungan kerja setelah lulus. Bahkan mahasiswa bisa mendapatkan gambaran nyata bagaimana ilmu yang didapatkan di kelas langsung diaplikasikan di dunia kerja.

Maka kualitas program magang dari sebuah kampus sangatlah penting. Pastikan kampus kalian memiliki program magang di perusahaan bertaraf internasional.

Penerapan Bahasa Asing

Di masa depan, persaingan mendapatkan pekerjaan juga semakin ketat. Pasalnya, kita tidak hanya bekerja dengan orang berkewarganegaraan yang sama dan berlokasi di negara sendiri. Melainkan juga bekerja sama dengan negara asing.

Untuk itu, mahasiswa harus bisa mengasah kemampuan berbahasa asing. Apalagi kini para generasi muda akan menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Kurikulum Yang Selaras Dengan Industri

Kurikulum punya peran penting dalam pelaksanaan perkuliahan. Ini dikarenakan kurikulum menjadi rujukan apa yang diajarkan kepada mahasiswa dan apa yang akan dimiliki mahasiswa setelah lulus. Maka sebuah kampus harus punya kurikulum yang selaras dengan industri saat ini agar bisa mencetak lulusan yang berkualitas.

Program Dual Degree Internasional

Program yang masih jarang ditemui di Indonesia ini sebenarnya sangat dibutuhkan mahasiswa zaman now. Melalui program gelar ganda, mahasiswa akan punya kompetensi yang lebih komprehensif terkait keilmuan yang dipelajarinya karena program ini menerapkan kurikulum berstandar perguruan tinggi Indonesia dan rekanan di negara lain. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan dua gelar berlaku setara melalui program ini.

Kerja Sama Erat dengan Dunia Industri

Kampus yang mengadakan kerja sama dengan dunia industri makin memantapkan kompetensi lulusannya. Dengan melakukan kerja sama dengan dunia industri, mahasiswa memiliki added value yang dibutuhkan oleh industri setelah lulus. Sebab, apa yang diajarkan oleh kampus pada mahasiswa memiliki kesinambungan dengan dunia industri.

Kelima program tersebut bisa didapatkan di kampus internasional pertama di Indonesia, Swiss German University (SGU). SGU menerapkan penggunaan bahasa Inggris secara menyeluruh dalam kegiatan belajar mengajarnya. Mulai dari penyampaian materi di kelas, tugas, buku, hingga skripsi. SGU turut menghadirkan pilihan kelas untuk pengembangan bahasa Jerman, Mandarin, Italia, dan Prancis.

Uniknya, SGU punya program magang yang unik. Mahasiswa diharuskan mengikuti magang di Indonesia pada semester 3 dan magang di Eropa pada semester 6. Sementara kurikulum yang dihadirkan SGU disusun dan diselaraskan dengan perkembangan teknologi terkini yang kebutuhan industri dan dunia usaha.

SGU juga telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 250 perusahaan di berbagai negara di dunia. Dengan program-program tersebut, SGU berkomitmen menjadi salah satu kampus terdepan dalam memberikan pembaruan mengenai penguasaaan teknologi serta wawasan di dunia industri kepada para mahasiswanya.