Gula darah tinggi merupakan kondisi yang serius

Gula darah tinggi merupakan kondisi yang serius

 

Cara Cepat Turunkan Gula Darah Tinggi

Cara Cepat Turunkan Gula Darah Tinggi

Artikelmajalah – Kadar gula darah tinggi atau kerap disebut juga dengan hiperglikemia, umum ditemukan pada seseorang yang mempunyai penyakit diabetes dan mengalami gangguan pada hormon insulin.

Apabila kadar gula darah tidak segera ditangani, kondisi tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh, bisa membuat koma, hingga mengakibatkan kematian.

Cara terbaik untuk memantau kadar gula darah ini ialah dengan selalu memantau kadar gula darah tubuh. Pastikan juga untuk selalu memantau agar gula darah tidak terlalu tinggi. Berikut beberapa cara cepat menurunkan kadar gula darah.

Minum Lebih Banyak Air
Apabila kadar gula darah terlalu tinggi, Anda disarankan untuk segera minum. Pasalnya, air bisa menetralisit kelebihan gula dari darah lalu membuangnya melalui urine.
Akibatnya, tubuh lebih membutuhkan banyak cairan untuk menghidrasi diri sendiri. Semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan, semakin tinggi pula kebutuhan air yang dibutuhkan tubuh.

Membatasi Asupan Gula
Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa terjadi akibat kelebihan asupan gula dari setiap makanan yang dimakan. Bila perlu, gunakanlah pemanis rendah kalori yang mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin. Sehingga diabetes dapat terkontrol.

Cek Gula Darah
Jika Anda memiliki masalah gula darah, kemungkinan dokter akan menyarankan pengecekkan gula darah secara teratur. Dengan selalu memantau kadar gula darah secara teratur, kemungkinan kondisi diabetes Anda akan tetap terkontrol.

Olahraga
Cara terbaik untuk mengontrol gula darah dalam takaran yang sehat ialah dengan berolahraga. Dengan berolahraga, Anda bisa membantu menurunkan kadar gula darah tinggi dengan membuat jantung memompa darah ke seluruh tubuh.
Ketika memompa darah, glukosa di dalam aliran darah bisa menghadirkan energi yang lebih banyak. Maka sebaiknya untuk meningkatkan detak jantung Anda, disarankan berolahraga selama 10 sampai 15 menit.

jika langkah diatas gula darah masih tinggi segera konsultasikan kesehatan anda kepada dokter.